Pages

Minggu, 12 April 2015

Teknologi Baterai 1 Menit Charging Langsung Penuh

Teknologi Baterai 1 Menit Charging Langsung Penuh
CALIFORNIA - Peneliti di Standford University menemukan varian baru dari baterai aluminum-ion. Teknologi baterai terbaru memungkinkan proses pengisian daya dalam waktu yang singkat, yakni satu menit.

Dilansir Slashgear, Selasa (7/4/2015), teknologi baterai yang dibuat peneliti Standford University mengusung kecepatan charging, aman dan murah. Tim peneliti dipimpin oleh profesor kimia Dai Hongjie yang mengembangkan baterai berbasis aluminum-ion.

Tipe baterai ini menjadi fokus banyak ahli kimia, pakar industri, peneliti sebagai evolusi dari teknologi baterai berikutnya. Namun, selama ini penelitian dianggap gagal karena tipe material yang dipakai pada akhirnya berpengaruh terhadap performa baterai.

Dai mengungkapkan, ada 'ketidaksengajaan' yang membuat ia menemukan bahwa katoda atau elektroda bermuatan positif dari baterai, terbuat dari 'graphite' (grafit) yang memberikan performa terbaik. Temuan tersebut memberikan jawaban atas kegagalan peneliti selama ini terkait tipe material yang dipakai.

Hasilnya, baterai ini menjadi ideal sebagai sumber energi generasi baru dengan biaya lebih terjangkau. Biaya lebih murah karena memakai bahan alumunium ketimbang menggunakan lithium.

Peneliti mengklaim, teknologi baterai ini aman, bahkan tidak akan mengeluarkan api saat rusak atau tidak berbahaya saat pengguna melubangi baterai tersebut. Dai mengatakan, salah satu fitur yang paling menarik ialah baterai tersebut bisa diisi dengan sangat cepat, mengalahkan teknologi pengisian QuickCharge 2.0 Qualcomm.

Teknologi baterai inovatif ini bisa mengisi daya baterai penuh selama kurang dari satu menit. Salah satu keunggulan lainnya ialah baterai tersebut bisa lentur atau fleksibel karena memakai alumunium, sehingga memungkinkan perangkat mobile masa depan tanpa perlu dihantui isu bendgate atau bengkok.

Sumber : http://techno.okezone.com/read/2015/04/07/56/1130283/teknologi-baterai-1-menit-charging-langsung-penuh

0 komentar:

Posting Komentar